Judul Buku :
Kapita Selekta Pendidikan Islam (Edisi Revisi)
Penulis :
Prof. H. Muzayyin Arifin, M. Ed.
Penerbit :
PT Bumi Aksara
Tahun terbit : 2014
Cetakan : Ke-6
Tebal : 254 Halaman
Begitu panjang sejarah
perjalanan pendidikan islam di indonesia dan begitu besar peran yang sesudah
maupun yang akan datang, namun perkembangan pendidikan islam belum menunjukkan
hasil yang optimal. Dibandingkan dengan berbagai macam jenis perkembangan pendidikan lainnya, pendidikan islam
jelas menunjukkan kualitas yang lebih rendah. Berbagai upaya untuk meningkatkan
kualitas penyelenggaraan pendidikan islam telah dilakukan.
Dengan berjalannya waktu dimasa sekarang ini, di indonesia menunjukan kualitas pendidikan islam yang
lebih rendah di sebabkan oleh permasalahan-permasalahan yang menyangkut
pendidikan islam namun dari permasalahan-permaslahan tersebut ada pula upaya
memecahkan masalah, dalam dunia pendidikan islam baik berupa model-model
pembelajaran, strategi pembelajaran, prinsip-prinsip pendidikan islam dan
pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran.
Buku ini
tidak sekedar mendiskripsikan berbagai persoalan yang di hadapi oleh dunia
pendidikan Islam di indonesia, namun juga memberikan berbagai alternatif
pemecahannya. Seperti
halnya persoalan pendidikan pada profesi keguruan, kelembagaan, manajemen, dan materi pendidikan islam itu
sendiri. Persoalan tersebut berjalin berkelindan, sehingga pemecahnya tidak
dapat dilakukan secara komprehensif dengan pendekatan multidimensional.
Proses
kependidikan islam memerlukan konsep-konsep yang pada gilirannya dapat
dikembangkan menjadi teori-teori yang teruji dan praksisasi dilapangan
operasional. Bangunan teoritis kependidikan islam itu akan berdiri tegak di
atas pondasi pandangan dasar (filosofi) yang tercantum dalam kitab suci. Proses
kependidikan islam yang telah mengacu dalam masyarakat yang beraneka ragam
kultur dan struktur. Selama itu pula jasa-jasanya telah tampak mewarnai sikap
dan kepribadian manusia yang tersentuh oleh dampak-dampak positif dari proses
keberlangsungannya.
Buku ini
menjadi penting untuk penguasaan skill
para semua pendidik untuk selalu siap dalam menghadapi berbagai jenis persoalan
dalam pendidikan islam. Pada Bagian I , buku ini akan memuat beberapa hal
tentang problematika pendidikan islam masa kini dan masa akan datang,
prinsip-prinsip pendidikan islam sebagai disiplin ilmu, model-model pendidikan
islam dan orientasinya serta krisis pendidikan islam. Pada bagian I ini lebih
terfokuskan kepada problema konseptual teoritik pendidikan islam.
Serta dalam bagian II ini, tentang
strategi pembangunan pendidikan agama (islam) dalam upaya mengantisipasi
perkembangan Iptek, pergeseran nilai kehidupan sosial budaya dan pendidikan
(sebuah tinjauan dari aspek agama, kultural, dan psikososial), sistem dan
metode pendidikan islam dalam upaya meningkatkan kualitas hidup umat islam di Indonesia,
dan fungsi majelis taklim di tengah pesatnya pembangunan, serta pendekatan
kultural edukatif terhadap agama dan perkembangan sosial budaya. Dalam hal ini,
membahas segala yang menekankan tentang problema pendidikan islam dalam dinamika
masyarakat lebih lagi di zaman sekarang ini.
Bagian III tentang model-model
penelitian dalam pendidikan. Baik tentang model kegiatan penelitian dalam
pendidikan, model penelitian tentang problema guru, tentang peranan kepala
sekolah dalam memperlancar pembaruan pendidikan serta model penelitian tentang
cara memperbaiki tingkah laku guru dalam mengajar.
Bagian IV terkait dengan problema
manajemen dan kelembagaan pendidikan islam, khususnya pada pendidikan agama,
sarana, fasilitas, dan lingkungan pendidikan , menkaji pula tentang
profesionalisme pendidikan dalam pengelolaan madrasah, bimbingan dan penyuluhan
di sekolah dan luar sekolah, serta bahan-bahan pemikiraan tentang metode
pendidikan agama pada perguruan tinggi.
Adapun pula bagian V dalam buku ini,
menkaji tentang pendidikan agama dalam lingkup pendidikan nasional dengan
tujuan agar pendidikan agama lebih berguna dalam mewujudkan generasi bangsa
yang berkualitas unggul,lahiriah dan batiniah , SKB (Surat Keputusan Bersama) 3
Menteri Tahun 1975 dan kebijakan pemerintah dalam pembinaan madrasah dan pondok
pesantren, perumusan tujuan dan pembinaan/penyelenggaraan pondok pesantren
dalam masa pembangunan, sistem dan metode pendidikan pada pondok pesantren.
Perbandingan dengan buku lain, karena sebelumnya buku ini pernah
diterbitkan, dan mengingat relevansi isi buku dengan realitas dunia pendidikan
di masa sekarang serta luasnya cakupan pembahasan yang terkandung di dalamnya,
sangat di sayangkan untuk tidak menerbitkan buku ini lagi. Namun, pada buku yang
sekarang sejalan dengan perkembangan terutama menyangkut tentang perubahan yang
terjadi di dunia pendidikan, berbagai informasi dan data buku ini telah di perbaharui dan di sesuaikan dengan
keadaan yang ada di masa sekarang ini.
Buku ini memiliki keunggulan dari segi pembahasan yang analitis dan mendalam
serta banyak memberikan ilmu pengetahuan yang luas untuk para pendidik. Buku
ini juga dapat membantu para pendidik akan problematika pendidikan islam di masa sekarang, mengingat ilmu pengetahuan, terutama yang
bersifat empirik tidak dapat berkembang secara baik kecuali melalui aktivitas penelitian. Karena
di dalam setiap pembahasannya penulis berusaha untuk menguraikan setiap
persoalan pendidikan. Dengan demikian
buku ini benar-benar bisa memberika aspirasi kepada pembaca, dan patut untuk di
baca.
Namun tidak terlepas dari keunggulan
sudah pasti dalam buku ini pula memiliki sebuah kekurangan dari segi bahasa
yang di gunakan yang begitu analitis sulit bagi orang-orang untuk memahami isi
dari buku ini, sarannya untuk buku ini seharusnya memiliki bahasa yang mudah
untuk di pahami dari berbagai usia. Jika
nanti buku ini akan di terbitkan lagi seiring dengan perkembangan zaman,
penulis harus lebih mempertimbangkan lagi dari segi bahasa yang di gunakan untuk
mudah di pahami oleh berbagai usia. Dari segi keseluruhan buku ini sangat detail
dalam segala pembahasannya untuk menguraikan setiap persoalan pendidikan serta
bagaimana cara pemecahannya dengan pendekatan yang multidimensi.
Reviewer : Siti Amyliyani
Istiqamah & Yulyani
Hikmawati
No comments:
Post a Comment