Motto

Hidup adalah pembelajaran tak kenal henti....

Monday, January 7, 2019

REVIEW BUKU FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (H. Muyazzin Arifin)





Judul Buku                  : Filsafat Pendidikan Islam (Edisi Revisi)

Penulis                         : H. Muyazzin Arifin

Tebal Buku                  : 174 Halaman (+ ix )

Tahun Terbit                : 2014

Cetakan                       : ke 7

Penerbit                       : PT Bumi Aksara

ISBN                           : 979-526-857-0


Buku ini merupakan buku edisi revisi yang merupakan penyempurnaan dari cetakan sebelumnya, revisi buku ini dilakukan oleh editor ahli yaitu Dr. Yunasril Ali. Mempelajari Filsafat pendidikan islam berarti memasuki pemikiran yang mendasar, sistematis, logis dan menyeluruh tentang konsep pendidikan islam yang bersumber kepada ajaran islam.

Proses pendidikan islam yang total dan meliputi segala aspek kemampuan manusia memerlukan landasan falsafah pendidikan yang menjangkau pribadi setiap peserta didik. Hal pokok yang dibahas memberikan landasan dan sekaligus mengarahkan kepada proses pelaksanaan pendidikan yang berdasarkan ajaran islam. Melakukan kritik dan koreksi terhadap proses pelaksanaan pendidikan islam. Sekaligus memberikan pengarahan mendasar bagaimana metode tersebut dapat didayagunakan agar efektif untuk mencapai tujuan.

ISI BUKU

Filsafat Pendidikan Islam merupakan ilmu pengetahuan yang eksistensinya masih dalam kondisi permulaan perkembangan sebagai disiplin keilmuan bidang pendidikan. Sistematika filsafat pendidikan islam masih dalam proses penataan yang akan menjadi kompas bagi pengembangan teorisasi pendidikan islam selanjutnya. Analisis filosofis filsafat pendidikan islam bertumpu pada sumber-sember filsafat pendidikan islam berisi informasi dasar kewahyuan (revelatif) yang telah tersedia di dalam kitab suci Alquran yang kaya dengan ayat-ayat yang mengandung implikasi kependidikan, justru karena kitab suci ini diturunkan Allah untuk mendidik makhluk sekalian alam. Informasi dasar  yang tersedia dalam Alquran diperkaya dengan Sunnah Rasulullah saw, sebagai penjelasan dan pemantapan makna dalam pengalaman nilai-nilai yang kontekstual kepada dinamika kehidupan masyarakat umat manusia secara universal.

Dalam artian yang lebih aktual filsafat pendidikan islam berusaha menguakkan rahasia kehidupan umat manusia di mana faktor watak kejadiannya yang alami, baik yang bersifat psikologis maupun fisiologis, menjadi motor penggerak kehidupannya. Ia menjadi sarana untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia sebagai individu dan sebagai makhluk sosial yang cenderung untuk mencari homeostatika ( Keseimbangan batiniah) dalam dirinya dan harmonisasi dalam pola hubungan serta berkesinambungan antara dirinya dengan Tuhannya, antara dirinya dengan masyarakatnya serta Tuhannya.

Dengan demikian,dinamika kehidupan manusia muslim adalah prinsip ajaran Alquran yang menggambarakan fitrah kemanusiaan yang universal sejalan dengan tugas Adam diturunkan ke dunia. Itulah sebabnya mengapa filsafat pendidikan islam senantiasa melihat bahwa anak didik sedang berada di dalam proses perkembangan menuju titik optimal kemampuannya dalam menjalankan perintah-perintah Tuhan dan menjauhi larangan-larangan- Nya.

Pendidikan Islam yang di dasari oleh filsafat pendidikan islam dengan nilai dan norma islami dari sumber Alquran dan Sunnah Rasulullah saw, harus memanifestasikan makna hakiki dari cara hidup islami. Oleh karena itu, pengertian filsafat pendidikan Islam sama sebangun dengan aspirasi dan tuntutan hidup umat Islam sepanjang zaman.

Untuk merealisasikan cita-cita islami, metode merupakan suatu faktor pelancar dari proses kependidikan. Oleh karena metode, bila dilihat fungsinya adalah sebagai sarana, maka secara filosofis ia memiliki aspek-aspek monovalent dan polyvalent, yang dalam penerapannya bercorak kegunaan tunggal dan kegunaan ganda.

Permasalahan Pendidikan Islam dilihat dari analisis filosofis, dapat dikelompokkan kedalam tiga wawasan problematik yaitu Permasalahan content (isi) Pendidikan Islam, Metode Pendidikan Islam, dan Tujuan Pendidikan (aim of education).

Sistem Pendekatan filsafat pendidikan islam memberikan corak pandangan dan pemikiran filosofis dalam mengkaji dan menganalisis permasalahan kependidikan. Oleh karena filsafat kependidikan Islam memberikan pandangan dasar terhadap teorisasi dan operasionalisasi kependidikan Islam maka sistem sumber-sumber lain yang nonislami, dijadikan suplemen yang mendukung validitas sumber islami. Dari sistem pendekatan tersebut melahirkan konsep-konsep pemikiran filosofis yang menjadi sumber dari teorisasi pendidikan Islam. Oleh karena itu, filsafat pendidikan Islam tidak memberikan asumsi-asumsi, hipotesis kependidikan Islam, melainkan mencari hakikat suatu problem yang dianalisis secara filosofis. Tiap problem hidup terdapat hakikatnya, demikian juga problem kependidikan yang timbul dari hidup manusia itu sendiri. Kehidupan adalah pendidikan dan pendidikan adalah kehidupan itu sendiri. Dengan demikian jelaslah bahwa filsafat pendidikan islam terus berkembang seirama atau selaras dengan perkembangan masyarakat manusia yang secara universal adalah mempunyai kesamaan aspirasi yaitu kebebasan, kesejahteraan, kedamaian, dan kebahagiaan hidup di dunia. Dan sebagian besar umat manusia yang beriman tentu menghendaki kebahagiaan hidup setelah mati,kecuali kaum atheis komunis (kaum yang mulhid).

Aliran paham kefilsafatan dalam pendidikan yang ada sampai kini  menunjukkan adanya aspirasi kelompok manusia yang pada dasarnya menginginkan realisasi nilai-nilai kemanusiaan ke dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Hanya tekanan masing-masing aliran paham berbeda-beda pada aspek kehidupan itu. Namun fenomena ini mencerminkan bahwa fitrah manusia itu pada dasarnya berkesamaan, yaitu mendambakan kehidupan yang sejahtera dan bahagia yang penuh kepuasan jasmaniah dan rohaniah. Yang berbeda adalah cara-cara pencapain tujuannya melalui proses pendidikan dan juga pandangan dasar terhadap penekanan aspek kehidupan manusia dari segi idealnya.

KOMENTAR

Buku ini sekiranya sangat berguna dan bermanfaat dalam dunia pendidikan khususnya untuk melengkapi bahan-bahan studi ilmiah tentang filsafat pendidikan Islam, Selain itu buku ini diharapkan pula menjadi perintis studi ilmiah lebih mendalam dan luas tentang penganalisisan kependidikan islam dari segi filosofis. Penulis menyampaikan secara jelas,tuntas dan padat mengenai filsafat pendidikan islam sesuai dengan judul buku yang diangakat. Selain itu buku ini juga membahas Sumber-sumber filsafat pendidikan islam berdasarkan Al-quran dan Sunnah Rasulullah saw.

Terlepas dari keunggulan pada buku ini, sudah pasti dalam buku ini memiliki sebuah kekurangan dari segi bahasa yang digunakan dan pemilihan kata-kata mengkin perlu diperhatikan lagi karena penulis banyak menggunakan kata-kata yang jarang terdengar di telinga pembaca dari kalangan pembaca pemula yang ingin mempelajari filsafat pendidikan islam, sehingga mungkin akan sulit bagi pembaca untuk memahami kata-kata tertentu. Kemudian mungkin buku ini terus disempurnakan berdasarkan pengalaman dan pegetahuan.


review by. Aldita Zeanida & Siti Rahmah


No comments:

Post a Comment