Motto

Hidup adalah pembelajaran tak kenal henti....

Sunday, January 20, 2019

REVIEW BUKU "KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM"



Judul Buku                       : Kapita Selekta Pendidikan Islam (Edisi Revisi)
Penulis                               : Prof. H. Muzayyin Arifin, M. Ed.
Penerbit                             : PT Bumi Aksara
Tahun terbit                      : 2014
Cetakan                             : Ke-6
Tebal                                  : 254 Halaman

            Begitu panjang sejarah perjalanan pendidikan islam di indonesia dan begitu besar peran yang sesudah maupun yang akan datang, namun perkembangan pendidikan islam belum menunjukkan hasil yang optimal. Dibandingkan dengan berbagai macam jenis perkembangan pendidikan lainnya, pendidikan islam jelas menunjukkan kualitas yang lebih rendah. Berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan islam telah dilakukan.
Dengan berjalannya waktu dimasa sekarang ini, di indonesia menunjukan kualitas pendidikan islam yang lebih rendah di sebabkan oleh permasalahan-permasalahan yang menyangkut pendidikan islam namun dari permasalahan-permaslahan tersebut ada pula upaya memecahkan masalah, dalam dunia pendidikan islam baik berupa model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, prinsip-prinsip pendidikan islam dan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran.
            Buku ini tidak sekedar mendiskripsikan berbagai persoalan yang di hadapi oleh dunia pendidikan Islam di indonesia, namun juga memberikan berbagai alternatif pemecahannya. Seperti halnya persoalan pendidikan pada profesi keguruan, kelembagaan, manajemen, dan materi pendidikan islam itu sendiri. Persoalan tersebut berjalin berkelindan, sehingga pemecahnya tidak dapat dilakukan secara komprehensif dengan pendekatan multidimensional.
            Proses kependidikan islam memerlukan konsep-konsep yang pada gilirannya dapat dikembangkan menjadi teori-teori yang teruji dan praksisasi dilapangan operasional. Bangunan teoritis kependidikan islam itu akan berdiri tegak di atas pondasi pandangan dasar (filosofi) yang tercantum dalam kitab suci. Proses kependidikan islam yang telah mengacu dalam masyarakat yang beraneka ragam kultur dan struktur. Selama itu pula jasa-jasanya telah tampak mewarnai sikap dan kepribadian manusia yang tersentuh oleh dampak-dampak positif dari proses keberlangsungannya.
            Buku ini menjadi penting untuk penguasaan skill para semua pendidik untuk selalu siap dalam menghadapi berbagai jenis persoalan dalam pendidikan islam. Pada Bagian I , buku ini akan memuat beberapa hal tentang problematika pendidikan islam masa kini dan masa akan datang, prinsip-prinsip pendidikan islam sebagai disiplin ilmu, model-model pendidikan islam dan orientasinya serta krisis pendidikan islam. Pada bagian I ini lebih terfokuskan kepada problema konseptual teoritik pendidikan islam.
            Serta dalam bagian II ini, tentang strategi pembangunan pendidikan agama (islam) dalam upaya mengantisipasi perkembangan Iptek, pergeseran nilai kehidupan sosial budaya dan pendidikan (sebuah tinjauan dari aspek agama, kultural, dan psikososial), sistem dan metode pendidikan islam dalam upaya meningkatkan kualitas hidup umat islam di Indonesia, dan fungsi majelis taklim di tengah pesatnya pembangunan, serta pendekatan kultural edukatif terhadap agama dan perkembangan sosial budaya. Dalam hal ini, membahas segala yang menekankan tentang problema pendidikan islam dalam dinamika masyarakat lebih lagi di zaman sekarang ini.
            Bagian III tentang model-model penelitian dalam pendidikan. Baik tentang model kegiatan penelitian dalam pendidikan, model penelitian tentang problema guru, tentang peranan kepala sekolah dalam memperlancar pembaruan pendidikan serta model penelitian tentang cara memperbaiki tingkah laku guru dalam mengajar.
            Bagian IV terkait dengan problema manajemen dan kelembagaan pendidikan islam, khususnya pada pendidikan agama, sarana, fasilitas, dan lingkungan pendidikan , menkaji pula tentang profesionalisme pendidikan dalam pengelolaan madrasah, bimbingan dan penyuluhan di sekolah dan luar sekolah, serta bahan-bahan pemikiraan tentang metode pendidikan agama pada perguruan tinggi.
            Adapun pula bagian V dalam buku ini, menkaji tentang pendidikan agama dalam lingkup pendidikan nasional dengan tujuan agar pendidikan agama lebih berguna dalam mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas unggul,lahiriah dan batiniah , SKB (Surat Keputusan Bersama) 3 Menteri Tahun 1975 dan kebijakan pemerintah dalam pembinaan madrasah dan pondok pesantren, perumusan tujuan dan pembinaan/penyelenggaraan pondok pesantren dalam masa pembangunan, sistem dan metode pendidikan pada pondok pesantren.
            Perbandingan dengan buku lain, karena sebelumnya buku ini pernah diterbitkan, dan mengingat relevansi isi buku dengan realitas dunia pendidikan di masa sekarang serta luasnya cakupan pembahasan yang terkandung di dalamnya, sangat di sayangkan untuk tidak menerbitkan buku ini lagi. Namun, pada buku yang sekarang sejalan dengan perkembangan terutama menyangkut tentang perubahan yang terjadi di dunia pendidikan, berbagai informasi dan data buku ini  telah di perbaharui dan di sesuaikan dengan keadaan yang ada di masa sekarang ini.
            Buku ini memiliki keunggulan dari segi pembahasan yang analitis dan mendalam serta banyak memberikan ilmu pengetahuan yang luas untuk para pendidik. Buku ini juga dapat membantu para pendidik akan problematika pendidikan islam di masa sekarang, mengingat ilmu pengetahuan, terutama yang bersifat empirik tidak dapat berkembang secara baik kecuali melalui aktivitas penelitian. Karena di dalam setiap pembahasannya penulis berusaha untuk menguraikan setiap persoalan  pendidikan. Dengan demikian buku ini benar-benar bisa memberika aspirasi kepada pembaca, dan patut untuk di baca.
            Namun tidak terlepas dari keunggulan sudah pasti dalam buku ini pula memiliki sebuah kekurangan dari segi bahasa yang di gunakan yang begitu analitis sulit bagi orang-orang untuk memahami isi dari buku ini, sarannya untuk buku ini seharusnya memiliki bahasa yang mudah untuk di pahami dari  berbagai usia. Jika nanti buku ini akan di terbitkan lagi seiring dengan perkembangan zaman, penulis harus lebih mempertimbangkan lagi dari segi bahasa yang di gunakan untuk mudah di pahami oleh berbagai usia. Dari segi keseluruhan buku ini sangat detail dalam segala pembahasannya untuk menguraikan setiap persoalan pendidikan serta bagaimana cara pemecahannya dengan pendekatan yang multidimensi. 


Reviewer : Siti Amyliyani Istiqamah & Yulyani Hikmawati

No comments:

Post a Comment